solusi untuk masalah kesehatan

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

by Admin , at 2:25 AM , has 0 comments
Cara menghilangkan jerawat dengan cepat - Jika kita memiliki jerawat yang cukup menggangu hal tersebut terkadang dapat menghilangkan kepercayaan diri, namun melalui artikel ini kita akan menemukan cara supaya jerawat pergi jauh-jauh. Jerawat dapat ditangani dan dicegah dengan menjaga kebersihan dan perawatan kulit, asupan makanan yang tepat, berolahraga secara rutin, juga dengan melakukan tretment pada kulit yang berjerawat. Setelah hal sederhana tersebut sudah dilakukan secara ruti, dapat dipastikan kepercayaan diri akan meningkat.

Penyebab jerawat
Jerwaat dapat disebabkan oleh pori-pori pada kulit yang tersumbah oleh sel-sel kulit mati dan sebum yang berlebihan. Sebum adalah zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.

Pori-pori yang tersumbat dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini awalnya menyebabkan peradangan pada kulit sebelum timbulnya jerawat. Jenis jerawat ada yang ringan sedang dan berat. Jika kita menderita jerawat yang parah sudah pasti harus pergi ke dokter spesialis, jangan ditangani sendiri.

Berarti yang menjadi penyebab jerawat adalah adanya penyumbatan pada pori-pori oleh minyak, sel-sel kulit mati dan bakteri. Tindakan yang efektif mengobati jerawat dilakukan dari luar tubuh dan juga dari dalam tubuh.

cara-menghilangkan-jerawat
cara menghilangkan jerawat

Mengobati jerawat dari luar tubuh
Hal-hal dasar yang dapat kita lakukan untuk mencegah jerawat adalah dengan menjaga kebersihan dan perawatan kulit. Perawatan kulit yang dilakukan adalah dengan membersihkan kulit, menggunakan toner yang bebas alkohol, setelah itu menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya. Hal ini bergunakan untuk mengembalikan pH kulit ke kisaran normal dan menutup pori-pori kulit untuk mencegah debu dan udara yang mengandung partikel jahat masuk ke pori-pori.

Kita harus membersihkan kulit menggunakan pembersih yang lembut minimal dua kali dalam sehari untuk menghilangkan minyak, sel-sel kulit mati, kulit kering dan zat yang dapat menyumbat pori-pori. Sangat penting untuk pori-pori kita bebas dari bakteri. Dengan adanya bakteri jahat dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jika kulit kita selalu bersih, dapat dipastikan akan terhindar dari jerawat.

Menggunakan produk yang mengandung salicyl, salicyl adalah asam organik alami dan exfoliator lembut. Sangat efektif untuk mengatasi jerawat dan kulit yang berminyak dan mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan komedo. Produk tersebut dapat berupa bedak dengan kandungan 1-2% salicyl agar lebih efektif. Untuk jenis kulit yang sensitif menggunakan bedak dengan kandungan 1% untuk jerawat yang membandel menggunakan produk dengan kandungan salicyl 2%.

Selain itu juga jangan menyentuh jerawat dengan jari. Jari biasanya membawa berbagai jenis kuman. Apabila kuman berpindah ke jerawat dapat menyebabkan memburuknya keadaan jerawat itu sendiri.

Mengobati jerawat dari dalam tubuh
Yang menjadi penyebab utama jerawat adalah racun yang terkandung dalam tubuh kita. Tubuh mengeluarkan racun melalui ekskresi ataupun berkeringat, beberapa racun keluar melalui kulit. Hal ini dapat menyebabkan peradangan kulit dan meningkatkan tingkat bakteri pada permukaan kulit dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat.

Agar lebih efektif dalam melawan timbulnya jerawat dan kulit yang sehat, bercahaya dan merona, kita harus melakukan perawatan tubuh dari dalam, berikut diantaranya.

1. Mengurangi stres, stres dapat menjadi penyebab naiknya level kortisol atau hormon stres. Hal ini berakibat meningkatnya gula dalam darah kita dan menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit, yang mengakibatkan penuaan pada kulit dan rentan jerawat. Untuk mengendalikan stres dapat dilakukan dengan tidur dan istirahat yang cukup, atau melakukan meditasi dan melatih pernapasan. Pernapasan juga dapat membantu untuk menghilangkan racun di dalam tubuh kita.

2. Melakukan olahraga yang rutin, hal ini dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, menjadikan kulit lebih sehat dan berseri. Selain itu juga berkeringat ketika berolahraga dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

3. Hindari makanan berminyak, mengandung lemak, dan pedas, yang diketahui menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Selain itu menkonsumsi karbohidrat dikurangi.

4. Memakan banyak buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin dan antioksidan untuk memenuhi nutrisi pada kulit.

5. Asupan air yang cukup juga memiliki peran penting dalam menjaga kulit kita lebih sehat. Hal ini dapat menghindari kulit terhidrasi dan racun di dalam tubuh. Dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas air perhari.

6. Yang berikutnya hindari mengkonsumsi susu, karena susu juga dapat menjadi salah satu timbulnya jerawat.

7. Mengkonsumsi ikan lebih banyak, seperti ikan salmon, atau ikan yang mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kulit.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semoga dapat mencegah dan mengendalikan masalah jerawat. Bagi sebagian dari kita yang jerawatnya terlalu parah, harus benar-benar menjalankan langkah tersebut dengan ketat. Selain mengkuti rekomendasi di atas, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis. Baca juga artikel mengenai cara mengobati jerawat dengan bahan alami.

Source: http://EzineArticles.com/765706
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Tips Seputar Kesehatan by Admin
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger