solusi untuk masalah kesehatan

8 Alasan Kenapa Harus Menurunkan Berat Badan

by Admin , at 8:26 AM , has 0 comments
Alasan Kenapa Harus Menurunkan Berat Badan - Obesitas atau kelebihan berat badan adalah penyebab kematian kedua setelah merokok. Berikut ini adalah delapan alasan kenapa harus menurunkan berat badan.

1. Diabetes
Diketahui kelebihan berat badan menjadi penyebab diabetes tipe 2 sekitar 80 sampai 90 persen. Di Amerika penyakit diabetes adalah penyebab kematian ketiga, selain itu juga penyebab utama terjadinya kebutaan pada orang dewasa di seluruh dunia. Salah satu penyebab obesitas adalah mengkonsumsi makanan yang tidk tepat.

2. Stroke
Kelebihan berat badan berhubungan dengan arteriosklerosis, yaitu adanya penumpukan lemak di arteri pada tubuh. Hal ini dapat memperlambat aliran darah dan dapat beresiko adanya pembekuan darah. Jika terjadi pembekuan darah pada arteri yang memasok darah ke otak dapat menyebabkan penyempitan dan pada akhirnya terjadinya stroke. Untuk itu menurunkan berat badan adalah cara yang tepat agar terhindar dari hal tersebut.

3. Kanker
Berdasarkan data oraganisasi kesehatan dunia yaitu WHO memperkirakan sekitar 25 sampai 33 persen penyakit kanker yang terjadi di seluruh dunia memiliki kaitan dengan obesitas dan fisik yang kurang aktif. Lemak pada tubuh memiliki peranan lebih tinggi dalam proses produksi insulin dan kelebihan estoregens, hormon. Diketahui insulin dan estorogens dapat mempercepat pembelahan sel.

4. Gangguan pernapasan
Obesitas dapat menyebabkan ukuran paru-paru menjadi lebih kecil dan dada terbebani untuk mengangkatnya ketika bernapas. Yang paling umum terjadi adalah terhentinya pernapasan beberapa saat ketika tidur. Hal ini disebabkan jaringan lunak yang berada ditenggorokan menutupi jalannya udara. Untuk solusinya adalah dengan menurunkan berat badan.

alasan harus menurunkan berat badan
alasan harus menurunkan berat badan

5. Inkontinensia uriner
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan inkontinesia, hal ini terjadi ketika seseorang batuk, bersin atau menahan tertawa tidak dapat menahan kencing. Ini diakibatkan tekanan pada kantung kemih.

6. Varises
Otot-otot pada kaki dan paha memiliki peranan membantu jantung dalam sirkulasi darah ke bagian tubuh. Berguna untuk memompa darah kembali ke jantung dengan melawan gaya gravitasi. Obesitas dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada katup.

7. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertansi setidaknya sepertiganya disebabkan oleh kelebihan berat badan.

8. Penyakit lain yang mungkin akan timbul ketika kelebihan berat badan seperti asam urat, jantung koroner, bau badan, depresi dan masih banyak lagi.

Penelitian menunjukan jika penurunan berat badan sebanyak 4.5 kg secara signifikan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tersebut. Berat badan adalah masalah yang dihadapi banyak orang setiap tahun. Tapi sayangnya mereka gagal dalam usaha menurunkan berat badannya. Semua itu disebabkan karena satu hal, yaitu tidak memiliki informasi yang tapat untuk menurunkan berat badan yang terbukti efektif.

Baca juga artikel mengenai 6 cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami.

Source: http://EzineArticles.com/169909
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Tips Seputar Kesehatan by Admin
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger