solusi untuk masalah kesehatan

10 Cara Mengobati Bekas Jerawat Secara Alami

by Admin , at 2:05 AM , has 0 comments
10 cara mengobati bekas jerawat secara alami - Bekas jerawat pada wajah adalah masalah yang dialami oleh kebanyakan orang yang diakibatkan penangan pada jerawat yang kurang tepat. Dapat berupa bintik hitam atau coklat yang muncul pada wajah. Hal ini dapat terjadi disebabkan terjadinya peradangan pada kulit atau terpapar sinar matahari. Sedangkan hal ini tidak dapat dihilangkan dalam waktu semalam, karena memerlukan waktu untuk menghilangkannya. Kita dapat mempercepat proses hilangnya noda hitam pada wajah dengan beberapa bahan alami berikut ini.

1. Buah lemon
Buah lemon sangat bagus untuk mengobati jerawat dan bekas jerawat. Buah lemon juga pemutih alami yang dapat memudarkan noda hitam dan membantu pembentukan kolagen. Agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diinginkan, gunakan secara teratur dan hindari sinar matahari secara langsung. Atau kita dapat menggunakan sun blok untuk melindungi kulit dari paparan sinar matarhari.

Cara menggunakan lemon:
a. Menggunakan perasan lemon langsung dioleskan ke wajah dapat menggunakan kapas. Diamkan kurang lebih 10 menit setelah itu bilas dengan air. Lakukan hal ini satu kali dalam sehari selama 2-3 minggu berturut-turut.

b. Mencampur lemon dengan bahan lain

Lemon dan Madu

Gunakan perasan buah lemon dengan takaran 1 sendok teh dan 2 sendok teh madu. Oleskan pada wajah menggunakan ujung jari atau kapas langsung pada bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit setelah itu bilas dengan air. Gunakan masker ini sekali dalam sehari kurang lebih 7 sampai 10 hari.

Lemon, madu, minyak almond dan susu
Beberapa bahan ini dapat digunakan sebagai masker, dengan cara mencampur 1 sendok makan perasan lemon, madu, minyak almond dan 2 sendok makan susu. Aduk sampai rata, kemudian gunakan sebagai masker sehari sekali selama 7 sampai 10 hari.

mengobati bekas jerawat secara alami
mengobati bekas jerawat secara alami

2. Madu
Madu tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi dapat juga digunakan sebagai bahan yang cukup efektif menghilangkan bekas jerawat.

Cara Menggunakan madu:
Oleskan madu secara langsung pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat berupa bintik hitam, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu jangan lupa dibilas menggunakan air.

3. Lidah buaya
Lidah buaya juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat, bahan alami berupa gel pada lidah buaya yang akan digunakan. Lidah buaya dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Cara menggunakan lidah buaya:
Ambil daun lidah buaya dan kupas kulitnya, gunakan lendir untuk dioleskan langsung pada bekas jerawat diamkan selama 30 menit sampai satu jam setelah itu bilaslah dengan air. Kita dapat menggunakannya sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan bekas jerawat karena memiliki sifat anti inflamasi, vitamin dan antioksidan.

Cara menggunakan minyak zaitun:
Ambil sedikit minyak zaitun menggunakan jari, kemudian oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Kentang
Mengobati bekas jerawat dengan bahan alami dapat juga menggunakan kentang.

Cara menggunakan kentang:
Gunakan beberapa iris kentang mentah kemudian lakukan sedikit pemijatan pada wajah dengan gerakan melingkar. Lakukan hal ini hingga kentang sampai kering. Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

6. Tomat
Buah tomat selain dapat memudarkan bekas jerawat juga dapat mencerahkan kulit wajah, jika penggunaannya secara rutin.

Cara menggunakan tomat:
Tumbuk buah tomat yang sudah matang kemudian oleskan pada bagian muka yang memiliki noda hitam. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu cuci dengan air, agar hasilnya maksimal lakukan ini secara rutin selama satu sampai dua minggu.

7. Minyak pohon teh
Selain terbukti ampuh mengobati jerawat minyak teh juga dapat memudarkan bekas jerawat. Karena minyak teh bersifat anti inflamasi yang dapat mempercepat terbentuknya sel kulit baru.

Cara menggunakan minyak teh:
Untuk menggunakan minyak teh tidak boleh digunakan tanpa campuran bahan lain, karena sifatnya yang terlalu kuat untuk kulit wajah. Kita dapat menggabungkan 2-4 tetas minyak pohon teh dengan 1 sampai 2 sendok makan air. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada bagian wajah yang memiliki noda bekas jerawat. Lakukan hal ini kurang sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

8. Cuka apel
Bahan ini memiliki beberapa manfaat seperti anti inflamasi dan antibakteri, dapat dijadikan solusi yang efektif untuk memudarkan bekas jerawat.

Cara menggunakan cuka apel:
a. Gunakan 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok air, kemudian langsung oleskan pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat, setelah itu diamkan selama 5 sampai 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan hal ini satu kali dalam sehari.

b. Kita juga dapat menggunakan cuka apel dengan mencampurkannya dengan madu untuk hasil yang lebih efektif memudarkan bekas jerawat. Campurkan sebanyak 2 sendok makan cuka apel ke dalam 2/3 gelas air dan 1 sampai 2 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat, diamkan selama kurang lebih 30 menit setelah itu bilas dengan air.

9. Putih telur
Putih telur yang kaya akan protein memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, selain itu juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Cara menggunakan putih telur:
Gunakan kapas atau jari untuk mengoleskan putih telur langsung ke bekas jerawat pada wajah. Gunakan sebagai masker, biarkan semalaman, lalu ketika bangun tidur bilas dengan air.

10. Mentimun
Mentimun dapat dojadikan toner alami untuk mengurangi peradangan pada kulit, memperkencang kulit, mempercepat penyembuhan jerawat dan juga tentunya memudarkan bekas jerawat.

Cara menggunakan mentimun:
Hancurkan timun, dapat dengan cara diblender. Kemudian saring menggunakan kain bersih atau saringan bersih. Oleskan air timun hasil perasan ke wajah secara langsung, dapat menggunakan jari atau kapas. Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu cuci dengan air.

Dari 10 cara alami menghilangkan bekas jerawat tersebut, dapat kita coba cara yang paling memungkinkan untuk dicoba. Baca juga artikel mengenai 5 hal yang menyebabkan kulit berjerawat.

Source: http://acneremedieshq.com/top-10-home-remedies-for-acne-marks/
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Tips Seputar Kesehatan by Admin
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger